Minggu, 06 Juli 2014

Bekasi (Timur) (&Barat) ke PRJ


Assalamu'alaikum.

Halo!
Itu foto saat kunjungan pertama kami (Daging Khas Dalam) ke PRJ. XD 
Waktu itu awal puasa, hari pertama. Waduh, perjuangan banget.. Tapi Alhamdulillah, tetap dimudahkan puasanya sampai waktu berbuka.

Oiya, balik ke topik.
Sesuai dengan judulnya, pada pos ini kami akan memberi tahu bagaimana cara untuk bisa sampai ke PRJ dari Bekasi Timur. Karena kebetulan kami berdomisili di sana.

{Updated 16 Maret 2015} ---[Spoiler]--- Silakan scroll ke bagian bawah untuk yang ingin langsung to the point~

Baik, mari kita persempit luang lingkupnya. Transportasi umum, yaitu bis/bus (pada percakapan selanjutnya akan ditulis 'bis').
Yang kami jabarkan di sini ialah hal hal yang berkaitan dengan pengalaman kami. Jadi ini based on true story. Hahaha

Jadi kita start dari Bekasi Timur, kita bisa menunggu bis baik dari tol Bekasi Timur, Bulak Kapal, BTC (Mall Bekasi Trade Center), maupun di daerah sekitar rute tersebut. Karena sepengetahuan kami (saya, penulis), pemberhentian terakhir bis tersebut berada di Bulak Kapal, yang sebelumnya melalui tol Bekasi Timur, lalu mulai lagi perjalanan dari Bulak Kapal, melewati BTC, lalu ke tol Bekasi Timur.
Namun, biasanya jika kita start dari tol Bekasi Timur, bis sudah terisi oleh penumpang, dan terkadang kita harus rela berdiri menuju tempat tujuan karena ada kalanya tempat duduk sudah terisi penuh. Tapi ini bukan menjadi kendala yang berarti, karena armada bis yang akan kita naiki ini cukup banyak, jadi kita cukup menunggu bis berikutnya jika kita merasa kurang nyaman untuk menaiki bis yang penuh ini.

Untuk bis yang akan kita naikin sendiri adalah Mayasari Bakti P9A jurusan Senen - Bekasi Timur (pada percakapan selanjutnya akan ditulis P9A).
Kenapa Senen? Kan di Google katanya bisa naik AC27 jurusan Bekasi - Kota, terus turun aja di Kemayoran, jalan dikit, sampai deh di PRJ.
Menurut pembicaraan kami dengan supir omprengan saat berangkat ke PRJ waktu itu, bis AC27 tersebut sudah tidak beroperasi lagi, dan satu satunya bis yang bisa membawa kita ke sana dengan lebih mudah adalah P9A. Yaa dengan catatan kita bisa naik omprengan sebagai alternatif jika kita berminat. Saat itu kami juga sampai menunggu lama kedatangan bis AC27 jurusan Bekasi - Kota tersebut, beruntung ada supir omprengan menghampiri dan akhirnya kami setuju menggunakan jasanya untuk pergi ke PRJ.

Selanjutnya apa? Setelah kita berada di bis, kita tinggal menunggu sampai kita tiba di pemberhentian, yaitu Senen.

Kalau udah sampai Senen ngapain lagi? Habis itu, kita turun (dari bis), terus naik metromini P10 jurusan Senen - Sunter. Turunnya gimana? Tinggal bilang aja sama keneknya pas dimintain bayar kalau kita mau ke PRJ, pasti dia teriak teriak deh tuh kalau udah mau nyampe. Hahaha

Nah, setelah sampai, kita tinggal turun dari metromini dan berjalan sedikit menuju pintu masuk PRJ dengan wajah sumringah. Sampailah kita di tempat tujuan. XD

Terus pulangnya gimana? Untuk perjalanan pulang, kita hanya perlu jalan sedikit menuju jalan raya seperti saat kita turun dari metromini waktu kita berangkat tadi. Lalu, kita tinggal flashback perjalanan awal kita tadi menuju starting point. Setelah itu, kita bisa kembali ke rumah ataupun melanjutkan aktivitas kita yang lainnya.

Untuk budget yang dibutuhkan, mohon maaf kami tidak bisa memberikan referensi yang pasti.
Ini perkiraan saja, bis pulang-pergi (saya, penulis, tidak tahu ya kenapa dalam penyebutannya pulangnya dulu yang disebut XD) 6k x 2 = 12k, metromini pulang-pergi 3k x 2 = 6k. Untuk antisipasi, dalam budgeting perjalanan pulang-pergi ini, kita perlu menyiapkan uang setidaknya 30k.

{Updated 16 Maret 2015} Untuk budget yang dibutuhkan, mohon maaf kami tidak bisa memberikan referensi yang pasti.
Ini perkiraan saja, bis pulang-pergi (saya, penulis, tidak tahu ya kenapa dalam penyebutannya pulangnya dulu yang disebut XD) 8k x 2 = 16k, metromini pulang-pergi 6k x 2 = 12k. Untuk antisipasi, dalam budgeting perjalanan pulang-pergi ini, kita perlu menyiapkan uang setidaknya 40k.
Ya, jadi kesimpulannya..
Bekasi Timur ke PRJ.
Bekasi Timur (naik bis P9A) ~> Senen (turun dari bis P9A, lalu naik metromini P10) - PRJ (turun dari metromini, dan selamat datang di Pekan Raya Jakarta!)
Untuk pulang, lakukan sebaliknya~ Dengan membawa uang untuk biaya transportasi sebesar 40k (budget yang disarankan).
{Updated 16 Maret 2015}
Bekasi Barat ke PRJ. *Disarankan
Bekasi Barat (naik bis Mayasari apa saja; misal, AC05 Blok M-Bekasi) ~> Jatibening (turun dari bis pertama, lalu naik bis P9A) *sebelum turun di Jatibening biasanya dimintai bayaran sebesar 5k ~> Senen (turun dari bis P9A, lalu naik metromini P10) - PRJ (turun dari metromini, dan selamat datang di Pekan Raya Jakarta!)
Untuk pulang, lakukan sebaliknya~ Dengan membawa uang untuk biaya transportasi sebesar 45k (budget yang disarankan).

Jadi.. Selamat ber-entertain ria!
Semoga bermanfaat. :)

~Salam #DagingKhasDalam~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar