Senin, 07 Juli 2014

Bekasi (Timur) (& Barat) ke fX Sudirman

Assalamu'alaikum.

Halo!

Kali ini kami membahas rute lagi nih! Hehe
Dari judulnya, bisa ketahuan nih kita mau ngapain, ke markasnya wota, JKT48 Theater. Hahaha

{Updated 16 Maret 2015} ---[Spoiler]--- Silakan scroll ke bagian bawah untuk yang ingin langsung to the point~


Based on true story..

Mari kita persempit luang lingkupnya. Transportasi umum, yaitu bis/bus (pada percakapan selanjutnya akan ditulis 'bis').
Yang kami jabarkan di sini ialah hal hal yang berkaitan dengan pengalaman kami. Hahaha

Sebagaimana post sebelumnya [Bekasi (Timur) ke PRJ], kita start dari Bekasi Timur, kita bisa menunggu bis baik dari tol Bekasi Timur, Bulak Kapal, BTC (Mall Bekasi Trade Center), maupun di daerah sekitar rute tersebut. Karena sepengetahuan kami (saya, penulis), pemberhentian terakhir bis tersebut berada di Bulak Kapal, yang sebelumnya melalui tol Bekasi Timur, lalu mulai lagi perjalanan dari Bulak Kapal, melewati BTC, lalu ke tol Bekasi Timur.

Namun, biasanya jika kita start dari tol Bekasi Timur, bis sudah terisi oleh penumpang, dan terkadang kita harus rela berdiri menuju tempat tujuan karena ada kalanya tempat duduk sudah terisi penuh. Ini yang menjadi kendala, menurut tinjauan kami di tempat, armada bis yang akan kita gunakan ini semakin lama semakin sedikit saja yang terlihat jika dari Bekasi Timur, entah kenapa, namun sedikit lebih mudah ditemui saat pulang dari fX Sudirman, dan kalau kita mengambil start pulang dari terminal Blok M sudah hampir pasti kita dapat menemukan bis ini, dan juga kabar baiknya peluang kita mendapatkan tempat duduk sangat tinggi, karena memang terminal Blok M merupakan pemberhentian dan juga awal dari rute yang dilalui bis ini.

Bis yang akan kita naiki adalah Mayasari Bakti AC05 jurusan Blok M - Bekasi (pada percakapan selanjutnya akan ditulis AC05), yang harus kita perhatikan adalah tulisan 'AC05' dan tulisan 'Bekasi Timur' yang berada pada label di bagian depan maupun belakang bis haruslah berwarna biru, karena jika tulisannya berwarna merah, itu tandanya bis akan munuju 'Bekasi Barat'. Tentu kita tidak ingin salah tempat atau tersasar ketika pulang nanti, bukan?


Nah, setelah mengamankan tempat kita di bis, kita tinggal menunggu sampai ke tempat tujuan.

Ini juga penting. Jurusannya kan Blok M - Bekasi, terus turunnya di mana? Ada dua konndisi;
Pertama, saat hari biasa (selain Car Free Day atau event lainnya) kita turun di halte Gelora Bung Karno. Patokannya adalah Komdak. Sesampainya kita di Komdak, alangkah baiknya kita mempersiapkan diri untuk turun dari bis. Karena halte Gelora Bung Karno hanya berjarak dua halte dari Komdak, yaitu sebelumnya ada halte Polda, dan halte Gelora Bung Karno itu sendiri. Nah, saat hari biasa kita bisa turun di halte Gelora Bung Karno, lalu menyeberang melalui skywalk karena fX Sudirman berada di seberang jalan di mana kita turun dari bis saat pemberangkatan, selanjutnya kita tinggal menyusuri jalan menuju fX Sudirman searah dengan jalur pemberangkatan kita tadi. Dan sampailah kita di sana!
Kedua, saat Car Free Day atau event lainnya. Pada saat ini, jalan Sudirman akan ditutup, sehingga bis tidak bisa melewati halte Gelora Bung Karno, dan paling tidak hanya melewati halte Polda dan lalu bis akan berubah jalur ke arah kiri. Jadi, alternatifnya, kita bisa turun di Komdak, atau halte Polda (coba tanyakan kepada kondektur apakah bis akan melewati halte Polda dan bisa turun di sana). Lalu kita tinggal berjalan dan jangan lupa menyeberang untuk tiba di fX Sudirman yang kira kira memerlukan waktu sekitar 10 menit. Setelah tiba, kita bisa melepas lelah di sana.

Untuk pulang, kita bisa berjalan menuju skywalk tadi, di sana terdapat tempat duduk, sehingga dapat memudahkan kita dalam menunggu kedatangan bis. Ingat! Bis yang akan kita naiki adalah yang bertulisan  'Bekasi Timur' dan berwarna biru, cermatlah. Setelah berada di dalam bis, kita hanya perlu menunggu sampai bis tiba di starting point di mana kita berangkat tadi. Dan, kita bisa melanjutkan aktivitas kita maupun segera pulang ke rumah setibanya di starting point.


Budget yang dibutuhkan setidaknya 25k, bis pulang-pergi 8k x 2 = 16k. Dan apabila kita ingin memulai perjalanan pulang dari terminal Blok M, kita bisa menaiki busway dengan biaya 3,5-5k dan memulai perjalanan pulang dari sana.



{Updated 16 Maret 2015} Budget yang dibutuhkan setidaknya 30k, bis pulang-pergi 10k x 2 = 20k. Dan apabila kita ingin memulai perjalanan pulang dari terminal Blok M, kita bisa menaiki busway dengan biaya 3,5k (menggunakan e-ticketing busway), atau menaiki kopaja apa saja yang menuju Blok M (Kopaja 66 misalnya) dengan ongkos 4k, dengan menyeberang terlebih dahulu melalui skywalk, dan memulai perjalanan pulang dari sana.
Ya, kesimpulannya adalah..
Bekasi Timur ke fX Sudirman.
Bekasi Timur (naik bis AC05 bertuliskan 'Bekasi Timur') ~> Halte Gelora Bung Karno (turun dari bis, dan berjalan kaki menuju fX Sudirman) ~> fX Sudirman (selamat melakukan kegiatan duniawi! Hahaha)
Untuk pulang, lakukan sebaliknya~ Dengan membawa uang untuk biaya transportasi sebesar 30k (budget yang disarankan).
{Updated 16 Maret 2015}
Bekasi Barat ke fX Sudirman.
Bekasi Barat (naik bis AC05 bertuliskan 'Bekasi Barat') ~> Halte Gelora Bung Karno (turun dari bis, dan berjalan kaki menuju fX Sudirman) ~> fX Sudirman (selamat melakukan kegiatan duniawi! Hahaha)
Untuk pulang, lakukan sebaliknya~ Dengan membawa uang untuk biaya transportasi sebesar 30k (budget yang disarankan).
Untuk alternatif, andai kita malas menunggu dan sekiranya tidak mendapatkan bis dengan tujuan yang kita inginkan (misalnya, kita ingin ke Bekasi Timur, tapi adanya yang ke Bekasi Barat, atau sebaliknya), tidak masalah, naik saja. Nanti kita bisa turun di Jatibening dan naik lagi bis ke tujuan yang kita inginkan, apa saja. Misalnya, kita ingin ke Bekasi Barat, lalu adanya bis Blok M-Bekasi (Timur). Naik saja. Lalu, turun di Jatibening. Naik lagi bis yang ke Bekasi Barat. Misalnya ada yang Kalideres-Bekasi (Barat), naik saja, yang penting tujuannya ke Bekasi Barat. Kalau perlu tanya dulu ke kondekturnya sebelum naik untuk memastikan. Begitu pula jika kasusnya yang ingin ke Bekasi Timur.
Dari Jatibening kita hanya perlu membayar 5k. Jadi, siapkan saja extra 5k untuk jaga-jaga.  
{Updated 17 Maret 2015} Untuk berangkat, ada alternatif lain lagi yaitu dengan menaiki APTB 07 Tanah Abang-Bekasi. Bekasi Timur.
Bekasi Timur (naik bis APTB 07, dengan ongkos 13k) ~> Halte Bendungan Hilir (turun dari APTB, dan pindah ke busway yang menuju Blok M) ~> Halte Gelora Bung Karno (turun dari busway, dan berjalan kaki menuju fX Sudirman) ~> fX Sudirman (selamat melakukan kegiatan duniawi! Hahaha)
Untuk pulang, silakan ikutin petunjuk yang menggunakan bis AC05 ~ Dengan membawa uang untuk biaya transportasi sebesar 35k (budget yang disarankan).


So, enjoy your trip!
Semoga bermanfaat. :)

~Salam #DagingKhasDalam~

2 komentar:

  1. Min ane kan mau ke fx.. Udh tau lah tujuannya mau ngapain.. Nah kita dari bekasi timur nih.. Tp kalo nanti ditanya sama kondekturnya tujuan kita jawabnya apa min?? Ke semanggi atau kemana min?? Mohon dijawab.. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tau dong. Hahaha
      Hmm tergantung. Kalau naiknya bis AC 05, tinggal bilang ke kondekturnya turun di Halte GBK. Kalau udah turun, tinggal menyeberang lewat skywalk Halte GBK. Terus tinggal jalan deh ke fX.

      Hapus