Rabu, 09 Juli 2014

Belanja Online di Lazada

Assalamu'alaikum.

Halo!
Kemarin baru aja dapat kiriman nih dari JNE, paket dari Lazada!

Ya, kali ini saya akan membuat post yang sedikit lebih pribadi, berbeda dengan dua post sebelumnya di mana saya, penulis memposisiskan diri sebagai kami (Daging Khas Dalam).

Kali ini saya akan memberikan review tentang belanja online di Lazada.co.id.
Sasaran saya di sini sebagai penulis (udah kayak bikin karya tulis ilmiah aja nih. Hahaha), ialah kita kita yang tertarik untuk melakukan belanja online khususnya di Lazada.
Kenapa Lazada? Karena saya sudah mencobanya sendiri.
Jadi, seperti biasa, ini based on true story. Hahaha

Ceritanya begini..
Saat itu Sabtu dini hari, saya sedang berselancar di jejaring sosial, Facebook.
Kita sering kan ya melihat ada kiriman "bersponsor" entah itu dari situs maupun halaman halaman yang berbau bisnis atau jual beli di Facebook.
Tertarik dengan tawaran yang diberikan, saya coba menelusuri kiriman dari Lazada tersebut.
Untuk informasi, barang yang saya beli ada tiga, flash disk, tripod kamera, dan spy cam.
Setelah melihat lihat, saya akhirnya tertarik untuk membeli flash disk dan tripod. Ya, karena saya sedang butuh tambahan flash disk dan memang ingin membeli tripod. Untuk spy cam sendiri, saya membelinya karena memang saya sudah mengincar barang tersebut.
Akhirnya saya memutuskan untuk melakukan transaksi.
Di sana dituliskan 'pengiriman barang 1-3 hari', kurang lebih begitu. Saya sendiri berdomisili di Bekasi, dan itu merupakan jangka waktu yang wajar sebagaimana pengalaman saya berurusan dengan menanti pengiriman pengiriman barang sebelumnya. Hahaha
Saya pikir 1-3 hari itu ialah hari kerja, jadi saya biarkan Sabtu dan Minggu saya berlalu seperti biasanya.
Singkat cerita, tibalah hari Senin. Hari pertama, dalam benak saya. Jadi, tanpa persiapan saya menunggu di rumah. Alhasil, kalaplah saya ketika kurir tiba. Beruntung, sang kurir rela menunggu lebih lama.
Dan kiriman pun sampai dengan selamat.

Foto flash disk dan tripod. Untuk spy cam gak usah ada fotonya ya, kan rahasia. Hahaha





Dari cerita di atas, dapat saya simpulkan bahwa Lazada ini kalau istilahnya itu fast response. Terbukti bahwa pada hari pertama, kiriman saya sudah sampai di tangan. Yaa hal ini juga tidak berlaku pasti pada kita semua, banyak faktor yang menentukan, seperti situasi kondisi dan hal hal lainnya. Tapi selama semua baik baik saja, cerita kita mungkin akan sama.
Ke dua, asal kita fasih menggunakan internet, kita dapat dengan mudah menghubungi Lazada, kerena transaksinya real time menggunakan e-Mail, dan pada situs mereka juga terpampang kontak kontak yang dapat dihubungi ataupun hal hal yang mungkin kita tanyakan sehingga memudahkan kita selama transaksi.
Ke tiga, untuk pengembalian barang, dalam box pengiriman disediakan stiker yang dapat digunakan untuk pengembalian barang, dan hal hal yang berkaitan tentang ketentuan pengembalian barang dapat kita lihat di situs mereka.
Yang ke empat, selain tawaran harga yang murah, Lazada juga menyediakan fasilitas yang dinamakan COD atau Cash On Delivery. Dengan keterangan tidak semua barang difasilitasi sistem ini. Hal inilah yang menjadi faktor utama kenapa saya mencoba melakukan transaksi di Lazada. Dalam benak saya, sudah harganya pasti dan sedikit lebih murah kerena ada promonya, terdapat fasilitas COD, bisa gak yah bayarnya benaran di rumah.. Dan ternyata benar.
Ke lima, gratis ongkos kirim. Jadi, tidak ada biaya tambahan diluar barang yang ingin kita beli, khusunya dalam hal pengiriman.
Terakhir, Lazada juga memberikan kita voucher diskon 50ribu apabila kita mendaftarkan e-Mail untuk dikirimkan semacam newsletter oleh Lazada. Detail lebih lanjut bisa kita lihat dalam e-Mail setelah kita mendaftarkan e-Mail kita di situs Lazada. Kalau dibongkar semua bisa rugi dong mereka. Hahaha

Jadi, apa yang kita perlukan untuk berbelanja online di Lazada?
E-Mail! Sinkronisasi e-Mail sangat diperlukan dalam hal ini. Setelah mendaftarkan e-Mail, kita bisa melakukan transaksi dengan mengkonfirmasikannya pada e-Mail kita. Di sana ada berbagai menu pilihan pembayaran yang dapat disesuaikan dengan kemampuan kita. Kita hanya perlu mengecek dua arah, e-Mail dan situs Lazada, dalam melakukan transaksi. Untuk detail tahapannya, dapat dilihat atau dicari di situs Lazada itu sendiri. Dan jika ada pertanyaan bisa ditulis di kolom komentar pada post saya ini.

Jadi, sekian review dari saya. Untuk klarifikasi, ini bukan tindakan promosi.
Yang saya beberkan di sini hanyalah pengalaman dan agar dapat memberi sedikit gambaran sebelum kita melakukan belanja online di Lazada.co.id.

Sekali lagi, semua hal bisa terjadi. Tetap awas, dan jadilah pengguna internet yang bijak. Telitilah sebelum membeli, googling first.

Terima kasih.
Semoga bermanfaat.


~Salam #DagingKhasDalam~

7 komentar:

  1. asik, tripod baru X3~ Makinmakin deh itu jadi kameramen nyaaa hahahaha

    BalasHapus
  2. Tapi kan kalau make tripod jadi susah selfienya, kayak di Grestal. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah bisa kok selfie, jadinya tripsis-tripodnarsis :D

      Hapus
    2. Aih, tripsis..
      Agak berat yah kayaknya. Hahaha

      Hapus
  3. Bantu kasih saran dong Cha buat post selanjutnya mau ngebahas apa :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bingung ;D itu fearless the movie yang mana? part 2?

      Hapus
    2. Emang ada part 2 yah..
      Ini, Cha. ;)
      https://www.youtube.com/watch?v=tpTlh88KbI4

      Hapus